5 Hal yang Dapat Pengaruhi Ereksi Pria

Hammer Of Thor

Jakarta - Ereksi adalah fenomena yang bisa terjadi pada pria karena adanya aliran darah yang mengalir ke penis. Ereksi bisa terjadi ketika pria sedang terangsang atau bisa juga terjadi spontan.

Bagi sebagian besar pria, ereksi ini adalah topik yang serius karena bisa berhubungan langsung dengan performa seksual. Oleh karena itu seorang pria mungkin akan menempuh berbagai cara agar performa ereksinya bisa tetap prima.


Lalu apa sebenarnya yang bisa memengaruhi ereksi? Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya:

Baca juga: Ereksi Abnormal, Ketika Mr P Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual

1. Diabetes
Diabetes melitus atau kencing manis sering disebut induk dari segala penyakit karena komplikasinya sangat luas. Kerusakan pembuluh darah adalah salah satunya, yang dampaknya juga bisa memicu susah ereksi karena darah tak mengalir lancar ke penis.

Selain itu, diabetes juga memicu kerusakan saraf yang berpengaruh pada rangsangan seksual.

2. Obesitas
Memiliki lingkar perut yang tak lagi ideal bukan hanya menurunkan 'image' tetapi juga mempengaruhi kinerja seksual. Sebab pria obesitas menghasilkan lebih sedikit hormon testosteron, padahal hormon ini penting untuk aktivitas seksual.

Kelebihan berat badan juga terkait dengan tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah yang dapat mengurangi aliran darah ke penis.

3. Kurang tidur
Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Chicago, ketika pria kurang tidur (lebih sedikit dari 5 jam) maka kadar testosteronnya dapat menurun hingga 10 persen. Dari situ para peneliti berkesimpulan tidur penting untuk menjaga produksi testosteron tetap optimal.

4. Kurang paparan matahari
Untuk memproduksi testosteron, maka tubuh membutuhkan vitamin D yang sebagian besar hanya bisa kita peroleh secara alami dengan bantuan paparan sinar matahari. Bila seseorang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan maka ia bisa kekurangan vitamin D.

Dampaknya bisa ditebak selain kepadatan tulang akan berkurang ereksi juga bisa jadi lebih sulit.

5. Masalah psikologis
Masalah psikologis seperti rasa stres, cemas, dan depresi dapat menjadi gangguan untuk kemampuan ereksi seorang pria. Untuk mengatasi hal ini maka disarankan agar konseling menemui tenaga ahli.

"Bicaralah dengan pasangan soal hal-hal yang membuat Anda cemas ketika hendak atau saat berhubungan intim. Jika Anda sudah saling berkomunikasi, sumber kecemasan itu bisa diatasi dan sulit ereksi pun dapat ditangani," kata urolog di Los Angeles, Dr Philip Werthman, MD.

(fds/up)

Sumber: https://health.detik.com/sexual-health/3424707/5-hal-yang-dapat-pengaruhi-ereksi-pria/