Hai Ibu, Agar Tak Mudah Beser Yuk Latihan Kegel

Hammer Of Thor

Jakarta - Menurut ahli kandungan, sekitar lima puluh persen ibu yang pernah melahirkan akan mengalami masalah beser atau inkontinensia urine. Penyebab utamanya adalah otot panggul yang lemah akibat efek samping persalinan.

Baca juga: https://pembesarherbal.tumblr.com/

Menurut dr Lucky Savitry W, SpOG(K), dari RSUP Persahabatan seorang wanita bisa tahu apakah dirinya sudah mengalami pelemahan otot panggul dengan tes sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Ketika sedang kencing cukup coba menahan aliran urine yang deras.

"Saat berkemih dan pancaran urine sedang kencang coba kita hentikan. Kalau ternyata urine bisa berhenti sampai mampat itu berarti otot dasar panggulnya masih baik, tapi kalau terus ada yang lepas lagi berarti sudah ada kelemahan," ungkap dr Lucky ketika ditemui pada peringatan Hari Ibu di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (22/12/2016).

Baca juga: https://pembesarherbal.tumblr.com/post/173350696045/hammer-of-thor-asli-italy-obat-kuat-pembesar

Bila sudah ada kelemahan dan kadarnya belum terlalu parah maka senam kegel bisa jadi cara efektif untuk kembali menguatkan otot panggul. dr Lucky menjelaskan senam ini bisa dilakukan dengan cara sengaja mengkontraksikan otot-otot panggul beberapa kali selama beberapa detik.

Baca juga: Mengapa Perempuan Perlu Senam Kegel?

Setiap hari sebaiknya senam kegel dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pada pagi, siang, dan malam hari. dr Lucky mengatakan bila dilakukan secara rutin seharusnya manfaat akan mulai terasa setelah minggu ketiga.

Baca juga: https://soundcloud.com/pembesarherbal

"Tahan kontraksikan otot-otot dasar panggul hitung sampai lima detik terus lepas. Berapa kalinya tentu tergantung kemampuan kita, awal-awal mungkin sampai 10 kali tapi nanti terus tingkatkan frekuensinya," kata dr Lucky.

Baca juga: https://soundcloud.com/pembesarherbal/hammer-of-thor-asli-italy-obat-kuat-pembesar-penis

"Ini bukan cuma untuk ibu-ibu yang sudah melahirkan beberapa kali. Justru ini sebaiknya kita perkenalkan pada ibu muda yang sedang hamil supaya saat dia bersalin sudah mengerti harus melakukan apa dan otot-ototnya sudah siap," lanjut dr Lucky.

Baca juga: Senam Kegel untuk Pria Bisa Mengendalikan Ejakulasi

Senam kegel mungkin tak akan terlalu membantu bila masalah inkontinensia urine sudah parah. Saat itu dokter bisa melakukan prosedur operasi namun tentu saja kemampuan otot panggul tidak bisa kembali seperti sedia kala. (fds/up)

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3378380/hai-ibu-agar-tak-mudah-beser-yuk-latihan-kegel