Jika Memang Sama Efeknya, Pilih Bercinta atau Olahraga?

Hammer Of Thor

Jakarta - Sejumlah penelitian menyebut bahwa aktivitas seksual memberikan efek setara dengan olahraga. Andaikan benar-benar sama, mengapa masih ada pasangan yang merasa butuh olahraga?

Baca juga: http://forum.firstblood.co.id/threads/vimax.2735177/

Dalam beberapa hal, menyetarakan seks dengan olahraga memang banyak benarnya. Menurut penelitian, aktivitas seksual baik sendirian maupun berpasangan dianggap sama seperti olahraga dengan intensitas sedang. Contohnya adalah jalan bergegas atau 'brisk walk'.

Kesamaan tersebut antara lain dilihat dari peningkatan laju respiratori atau pernapasan. Peningkatan denyut jantung dan tekanan darah juga teramati nyaris sama pada kedua aktivitas yang dianggap setara tersebut.

Baca juga: Ini Sebabnya Sehabis Onani Terasa Lapar dan Lelah

Namun untuk benar-benar menyetarakan keduanya, para ilmuwan memiliki pandangan yang berbeda-beda terkait efek jangka panjangnya. Alasannya, bagi sebagian besar pasangan, seks tidak dilakukan dengan cukup sering dan berkelanjutan, untuk memberikan manfaat jangka panjang.

Baca juga: https://hammerthorjakarta.wordpress.com/

Bagi kesehatan otot misalnya, efek bercinta tetap tidak bisa menyamai efek latihan resistensi atau ketahanan. Padahal, kesehatan muskular atau otot dianggap sebagai komponen penting dalam kesehatan secara umum.

Baca juga: https://hammerthorjakarta.wordpress.com/2018/05/23/jual-hammer-of-thor-jakarta/

"Kami belum pernah benar-benar mempelajari manfaat lain dari olahraga dan mengkontraskannya dengan seks," kata Kevin Netto, pakar kesehatan olarhaga dan fisioterapi dari Curtin University, dikutip dari Dailymail, Senin (18/4/2016).

Baca juga: 4 Trik Meningkatkan Pembakaran Kalori Saat Berciuman

Jadi kesimpulannya, benarkah seks setara dengan olahraga? Jawabannya mungkin tergantung seberapa malasnya pasangan. Dibandingkan tidak olahraga sama sekali, bercinta memberikan lebih banyak manfaat. Tapi jika bisa meluangkan waktu dan sedikit tenaga untuk secara rutin berolahraga, kenapa tidak dilakukan saja? (up/vit)

Sumber: https://health.detik.com/sexual-health/d-3190327/jika-memang-sama-efeknya-pilih-bercinta-atau-olahraga